Sabtu, November 10, 2007

Batik

BATIK

Batik merupakan salah satu karya seni dan kerajinan yang khas Indonesia. Batik merupakan tradisi penduduk Indonesia yang berkembang sejak masa lalu. Dalam tata hubungan komersial batik dapat ditampilkan sebagai komoditi, sedangkan dalam dunia artistik batik menyajikan aktifitas seni. Sementara itu batik tergolong sebagai unsur peninggalan tradisi yang menjadi salah satu komponen kerangka cultural Indonesia.

Tehnik Batik merupakan media yang dapat mempresentasikan bentuk lebih lentur, rinci, rajin tapi juga mudah. Hal ini dapat dibandingkan dengan tehnik rintang warna lain (mis. Jumputan, plangi) yang tidak memperlihatkan kelenturan bentuk.

Kata batik dalam bahasa Jawa, berasal dari akar kata “tik” yang mempunyai pengertian berhubungan dengan suatu pekerjaan halus, lembut dan kecil yang menggandung unsur keindahan. Membatik berarti menitikkan malam dengan canting sehingga membentuk corak yang terdiri atas sususnan titikan dan garisan.

Secara teknis, batik adalah suatu cara penerapan corak diatas kain melalui proses celup rintang warna dengan malam sebagai medium perintangnya.

Tidak ada komentar: